Rabu, 02 Desember 2015

Buah melon segar kaya manfaat

Melon, Buah Segar yang Kaya Manfaat

 – Melon, buah segar yang kaya manfaat. Apakah anda penikmat buah melon? Jika iya, Anda patut bergembira sebab di balik rasanya yang menggoda lidah, jenis buah yang satu ini ternyata memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan manusia. Melon atau yang dikenal dengan nama ilmiah Cucumis Melo adalah merupakan jenis buah yang masih tergolong ke dalam suku labu-labuan (Cucurbitaceae). Dengan demikian ia masih “bersepupu” dengan mentimun serta labu sayur. Meski demikian, buah melon cukup istimewa sebab daging buahnya terasa manis. Buah ini sering disantap sebagai pencuci mulut selepas makan besar atau digunakan sebagai campuran Es buah yang banyak dijual dipinggir-pinggir jalan disiang hari, juga bahkan digunakan sebagai menu campuran berbuka puasa yang cukup nikmat. Teksturnya yang lunak serta kandungan airnya yang melimpah juga merupakan alasan kenapa buah melon digemari semua kalangan baik muda maupun tua.
Bersatulah - Melon, Buah segar yang kaya Manfaat
Di kalangan masyarakat Indonesia mengkonsumsi buah-buahan memang sudah lama dikenal sebagai kebiasaan sehat yang menguntungkan bagi kesehatan tubuh, salah satunya buah melon. Buah melon juga banyak sekali mengandung nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Diantaranya dalam buah melon mengandung  vitamin c , vitamin A, kaya kandungan  kalium, kandungan Likopen dan juga vitamin-vitamin lainnya. Beberapa kandungan vitamin ini merupakan zat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh seseorang. Rutin mengkonsumsi aneka buah memiliki manfaat yang begitu besar untuk peningkatan kesehatan tubuh, salah satunya adalah buah melon ini.
Dalam setiap masing-masing buah ini memiliki karakter rasa serta manfaat yang berbeda-beda. Adapun beberapa manfaat buah melon yang dapat anda peroleh adalah sebagai berikut: 
1. Mencegah Penyakit Kanker 
Secara ilmiah di dalam buah melon mengandung senyawa karatenoid dalam jumlah yang cukup tinggi. Dengan demikian, wajar jika kemudian salah satu manfaat buah melon adalah mencegah sel kanker di dalam tubuh. Selain itu, dengan mengkonsumsi melon secara teratur. seseorang dapat terhindar dari resiko penyakit kanker paru-paru. Buah melon membantu tubuh untuk melepas bibit-bibit yang berpotensi mengundang kanker dalam tubuh. 
2. Melancarkan Buang Air Besar
Setiap orang sudah pasti  tahu bahwa buah mengandung banyak serat alamiah yang mampu membantu proses pembuangan kotoran. Serat pada buah melon juga sama dengan yang dimiliki buah lain seperti pepaya, pisang. Maka mengkonsumsi buah melon secara teratur akan membuat sistem pembuangan anda menjadi lancar 
3. Mengobati Penyakit Stroke
Di dalam buah melon juga mengandung senyawa yang bersifat anti-koagulan yang dikenal dengan nama adenosine. Ia mampu menghentikan penggumpalan yang terjadi pada sel darah dan berpotensi menyebabkan serangan jantung atau juga stroke. Buah melon memang sudah lama diketahui mampu membantu kelancaran peredaran darah di dalam tubuh manusia. Maka sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah melon dalam jangka panjang untuk menjaga kesehatan tubuh anda.
4. Menjaga dan Memelihara Ginjal
Mengkonsumsi buah melon sangat bermanfaat untuk menjaga dan memelihara ginjal. Buah melon memiliki sifat diuretik yang membuat Anda sering buang air kecil. Secara langsung hal tersebut akan membantu organ ginjal Anda menjadi lebih sehat. Kabarnya, melon juga berkhasiat melawan penyakit eksim berat dan juga asam urat. Caranta, buah melon dicampur dengan perasan buah lemon dan diminum pagi hari saat perut Anda dalam keadaan kosong. 
5. Mencegak Penyakit Gula Darah
Kandungan air dan gula alami yang terdapat pada buah melon mampu mencegah penyakit diabetes. Bagi anda yang menggemari makanan manis dan tinggi lemak, ada baiknya jika anda mengimbanginya dengan mengkonsumsi buah-buahan seperti buah melon yang rendah kandungan lemak dan juga mengandung banyak kalori.
6. Menjaga mata tetap Sehat
Buah melon banyak mengandung vitamin  A, yang dapat berfungsi menjaga mata agar tetap sehat. Mengkonsumsi buah melon secara rutin setiap hari dapat berfungsi dan mempertahankan mata anda tetap sehat.
7. Menjaga Kulit
Bagi anda yang menginginkan kulit tetap terlihat segar, sehat dan cantik, mengkonsumsi buah melon secara teratur adalah salah satu tips yang sangat bagus. Kandungan vitamin pada buah melon akan membantu kulit Anda tetap sehat sepanjang waktu. Melon ini juga diketahui mengandung senyawa kolagen yang dikenal mampu mempertahankan elastisitas juga keremajaan jaringan kulit. 
8. Meredakan Panas Dalam 
Manfaat selanjutnya mengkonsumsi buah melon dapat mengusir gejala panas dalam pada tubuh. Buah melon terdiri atas 95% air sehingga wajar jika memberi efek sejuk bagi mereka yang mengkonsumsinya. Buah melon juga kaya akan vitamin A, B juga C. Dengan mengkonsumsi rutin maka tubuh Anda akan bugar sehingga penyakit semacam panas dalam dapat teratasi.
Demikian ulasan singkat buah melon yang kaya manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh anda, semoga dapat bermanfaat. (One)

0 komentar:

Posting Komentar